""TERIMAKASI TELAH BERKUNJUNG KEBLOG SAYA""

Rabu, 20 Januari 2016

PEMBAYARAN TAGIHAN PDAM

Sebelum membuat listing program, ada baiknya kita buat dulu design program nya, seperti contoh dibawah ini.
Kemudian, langsung saja kita buat listing programnya, sebagai berikut :

Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        lv.Columns.Add("Kode", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("Nama", 150, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Tipe", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Beban Biaya", 90, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Harga", 90, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("jumlah Pemakaian", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Total tagihan", 150, HorizontalAlignment.Left)
        lv.View = View.Details
        lv.GridLines = True
        lv.FullRowSelect = True


        Kode_p.Items.Add("001")
        Kode_p.Items.Add("002")
        Kode_p.Items.Add("003")

        Tipe.Items.Add("Toko")
        Tipe.Items.Add("Swalayan")
        Tipe.Items.Add("Rumah")
        Tipe.Items.Add("Pabrik")


    End Sub

    Private Sub Kode_p_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kode_p.SelectedIndexChanged
        Select Case Kode_p.Text
            Case "001" : Nama.Text = "Jhoni"
            Case "002" : Nama.Text = "Eko"
            Case "003" : Nama.Text = "Dian"


        End Select
    End Sub

    Private Sub Tipe_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Tipe.SelectedIndexChanged
        Select Case Tipe.Text
            Case "Toko"
                biaya.Text = "25000"
                harga.Text = "300"
            Case "Rumah"
                biaya.Text = "15000"
                harga.Text = "100"
            Case "Swalayan"
                biaya.Text = "100000"
                harga.Text = "200"
            Case "Pabrik"
                biaya.Text = "250000"
                harga.Text = "500"

        End Select
    End Sub

    Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        total.Text = Val(biaya.Text) + Val(harga.Text) * (jumlah.Text)

        pajak.Text = 0.01 * total.Text

        pembayaran.Text = Val(total.Text) + Val(pajak.Text)

        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = Kode_p.Text
        lst.SubItems.Add(Nama.Text)
        lst.SubItems.Add(Tipe.Text)
        lst.SubItems.Add(biaya.Text)
        lst.SubItems.Add(harga.Text)
        lst.SubItems.Add(jumlah.Text)
        lst.SubItems.Add(total.Text)
        lv.Items.Add(lst)

    End Sub

    Private Sub btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhapus.Click
        Kode_p.Text = ""
        Nama.Text = ""
        Tipe.Text = ""
        biaya.Text = ""
        harga.Text = ""
        jumlah.Text = ""
        total.Text = ""
        pajak.Text = ""
        pembayaran.Text = ""
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnkeluar.Click
        MsgBox("Apakah Kamu mau Keluar?????")
        Me.Close()
    End Sub
    Private Sub jumlah_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles jumlah.KeyPress
        If Asc(e.KeyChar) = 13 Then
            btnproses_Click(sender, e)
        End If
    End Sub
End Class.

Hasil Nya akan tampak seperti dibawah ini.
Demikianlah Program Sederhana Pembayaran Tagihan PDAM, semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar: